Gambar alat MRI di sebuah Rumah Sakit

Jumat, 13 Maret 2020

Magnetic Resonance Imaging

Link Sehat - MRI adalah prosedur diagnosis yang dilakukan dengan cara mengambil gambar detail organ menggunakan medan magnet dan gelombang radio. MRI kepanjangan dari magnetic resonance imaging.

Keunggulan MRI scan adalah menghasilkan gambar dengan detail tinggi dan minim risiko sehingga aman untuk dilakukan pada ibu hamil maupun anak-anak. Pemeriksaan MRI dapat membantu diagnosis masalah kesehatan di daerah dada, perut, dan panggul.

MRI disarankan jika Anda dicurigai memiliki masalah pada jantung dan pembuluh darah, otak dan saraf tulang belakang, tulang dan sendi, payudara, serta organ internal lain (seperti hati, ginjal, limpa, pankreas, rahim, ovarium, prostat, testis). Terutama jika tidak ada alat pemeriksaan lain yang dapat memberikan hasil gambar detail dan komprehensif.

Berikut ini penyakit yang dapat dideteksi melalui MRI:

  • Masalah pada otak dan saraf tulang belakang,seperti: pelebaran dan penipisan pembuluh darah otak (aneurisma), kelainan dalam telinga, penyakit sklerosis multipel, penyakit kelainan saraf tulang belakang, stroke, tumor, dan trauma otak.
  • Masalah pada jantung dan pembuluh darah,seperti: pembesaran jantung dan fungsi jantung, penebalan otot jantung, kerusakan jantung akibat serangan jantung, kelainan pembuluh darah jantung, serta penyumbatan pembuluh darah jantung.
  • Masalah pada organ dalam, seperti kelainan liver dan kantung empedu, ginjal, limpa, pankreas, rahim, indung telur, dan prostat.
  • Masalah pada organ skeletal, seperti: kelainan sendi, kelainan bantalan tulang belakang, infeksi tulang, serta tumor tulang atau jaringan lunaknya.

MRI dianjurkan jika pemeriksaan sebelumnya menghasilkan gambar yang kurang jelas dan detail.

Bagaimana prosedur MRI dilakukan?

Pada MRI, bagian tubuh Anda yang akan dipindai ditempatkan pada sebuah mesin dengan magnet yang kuat. Gambar yang dihasilkan berupa foto digital yang dapat disimpan di komputer dan dicetak untuk dipelajari lebih lanjut.

Secara garis besar, berikut ini prosedur pelaksanaan MRI:

1. Sebelum pemeriksaan

Segera beritahu dokter jika Anda sedang hamil dan/atau menyusui. Meski cenderung aman, hingga saat ini belum diketahui pengaruh MRI terhadap perkembangan bayi. Beritahu juga dokter jika Anda memiliki ketakutan atau fobia terhadap ruangan tertutup dan gelap agar diberikan obat penenang.

Anda tetap dapat makan, minum, dan mengkonsumsi obat seperti biasa, kecuali dokter menyarankan sebaliknya.

Menjelang tes, Anda akan diminta untuk menggunakan pakaian khusus serta melepaskan segala aksesoris yang digunakan, terutama yang mengandung logam (seperti jam tangan, anting, cincin, kalung, alat bantu dengar, gigi palsu, kacamata). Pada kondisi tertentu, dokter juga akan memberikan materi kontras yang disuntikkan melalui pembuluh darah di tangan atau lengan. Zat kontras dapat meningkatkan tampilan gambar yang dihasilkan dari pemeriksaan MRI.

2. Saat pemeriksaan

Anda akan dibaringkan pada tempat tidur, kemudian dimasukkan ke dalam mesin MRI yang berbentuk tabung. MRI dioperasikan melalui komputer yang berada di ruangan terpisah untuk menghindari medan magnet dari mesin pemindai.

Tenang saja, Anda masih dapat berkomunikasi dengan petugas medis yang mengoperasikan alat MRI melalui interkom. Petugas tersebut akan memantau Anda melalui sebuah monitor televisi. Perlu diketahui bahwamesin MRI akan menghasilkan suara yang cukup kencang, sehingga Anda perlu menggunakan penyumbat telinga atauearphoneyang diberikan sebelum pemeriksaan.

Pemeriksaan akan berlangsung sekitar 15-90 menit. Upayakan untuk tetap diam selama pemeriksaan agar tidak mengganggu proses pengambilan gambar. Pada MRI untuk melihat fungsi otak, Anda akan diminta melakukan tugas kecil, seperti menggerakkan jari Anda, atau menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana untuk melihat fungsi bagian otak tertentu.

MRI dapat menimbulkan efek samping, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan dokter terkait kemungkinan tersebut.

Bagaimana proses pemulihan pasca pemeriksaan MRI?

Selesai pemeriksaan, tim radiologi akan meminta Anda untuk menunggu sampai dipastikan bahwa tidak ada lagi gambar yang dibutuhkan. Jika tidak diberi obat penenang, Anda dapat langsung melakukan aktivitas Anda kembali.

Tidak semua rumah sakit dilengkapi dengan alat MRI. Tanyakan dokter Anda mengenai rumah sakit yang menyediakan layanan MRI. Atau, Anda dapat menghubungi Medical Consultant kami di sini untuk mendapatkan rekomendasi rumah sakit dengan layanan MRI.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Mayo Clinic. 2019. Patient Care & Health Information. Tests & Procedures. MRI.
Stanford Health Care. Magnetic Resonance Imaging (MRI).
WebMD
. A to Z guides. What is a MRI?.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Biopsi

Biopsi adalah prosedur pengambilan contoh jaringan dari tubuh untuk diperiksa menggunakan mikroskop. Baca Selengkapnya...