LinkSehat Sediakan Konsultasi Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

Senin, 05 Juli 2021

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

LinkSehat - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk menyediakan layanan konsultasi gratis dan obat-obatan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kerjasama ini terintegrasi dengan laboratorium PCR, sehingga pasien bisa mendaftar tes Covid-19 melalui platform telemedicine yang dipilih. Apabila hasilnya positif, maka pasien dapat diarahkan langsung ke layanan konsultasi gratis ini. Paket obat akan diberikan dan dikirimkan secara gratis sesuai kondisi pasien.

"Dengan layanan telemedicine, semua pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif diharapkan bisa mendapatkan layanan medis tepat waktu tanpa perlu mengantri di RS. Dengan demikian, layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat (kritis).", ucap Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI.

Update per 19 Juli 2021: Program berlaku untuk area Jabodetabek serta 39 Kabupaten dan Kota berikut:

  • Jawa Barat: Karawang (Jabo), Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kab. Sumedang
  • Jawa Tengah: Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Demak, Kab. Kendal, Kota Solo, Kab. Karanganyar, Kab. Sragen, Kab. Wonogiri, Kab. Sukoharjo, Kab. Klaten, Kab. Boyolali
  • DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta, Kab. Bantul, Kab. Gunungkidul, Kab. Kulonprogo, Kab. Sleman
  • Jawa Timur: Kota Surabaya, Kab. Gresik, Kab. Sidoarjo, Kab. Bangkalan, Kab. Mojokerto, Kab. Lamongan, Kota Malang, Kab. Malang, Kota Batu
  • Bali: Kota Denpasar

Cara Dapat Obat Gratis untuk Isolasi Mandiri COVID-19 Kemenkes RI

Pemerintah terus berupaya untuk memberikan akses pelayanan kesehatan dan obat-obatan gratis kepada pasien Covid-19. Berikut ini persyaratan dan tahapan untuk mendapatkan obat gratis saat Anda terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah:

1. Lakukan tes COVID-19

Lakukan swab antigen dan PCR di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes RI. Cek di sini atau hubungi WhatsApp 0858 9000 8500 untuk info lebih lanjut dan pendaftaran swab antigen atau PCR.

2. Tunggu pesan resmi dari Kemenkes RI

Jika hasil tes positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif (New All Record/NAR), maka Anda akan menerima pesan resmi dari Kemenkes RI via WhatsApp (akun centang hijau) secara otomatis. Pasien tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan akan disarankan untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Sedangkan pasien bergejala sedang dan berat (kritis) akan dirawat di Rumah Sakit.

Jika Anda terkonfirmasi positif Covid-19 tetapi tidak menerima pesan dari Kemenkes, periksa apakah Anda dapat menerima layanan GRATIS ini, silahkan masukkan NIK di isoman.kemkes.go.id/ pada kolom poin nomor 2, lalu klik ceklis biru. Jika nama Anda terdaftar, maka Anda bisa langsung menggunakan layanan telemedicine untuk konsultasi saat isoman di rumah.

3. Lakukan Konsultasi Dokter

Untuk memulai konsultasi dokter, download aplikasi LinkSehat di PlayStore atau klik Download Sekarang. Saat memulai konsultasi, informasikan kepada dokter bahwa Anda adalah pasien program Kemenkes RI. 

Setelah konsultasi, dokter akan memberikan resep obat digital (e-resep) sesuai kondisi Anda. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis obat diberikan gratis, hanya ada 2 paket obat yang ditanggung oleh Kemenkes, yakni paket A (pasien OTG) dan paket B (pasien bergejala ringan). Obat dan vitamin yang diberikan hanya untuk konsumsi pasien dan tidak boleh diperjualbelikan.

4. Tebus obat gratis

Tangkap layar (screencapture) resep yang diberikan oleh dokter LinkSehat di bagian Consultation Summary.  Untuk menebus e-resep obat gratis dari Kemenkes, Anda perlu mengisi formulir pesanan obat yang tersedia di sini.  Masukkan data NIK, nama, penyedia layanan telemediciine yang digunakan, unggah e-resep (screenshot atau PDF), dan alamat pengiriman. 

Pihak apoteker Kimia Farma akan melakukan proses verifikasi sebelum dikirimkan kepada Anda. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

5. Pengiriman obat

Pengiriman obat dilakukan oleh SiCepat. Setelah diproses, Anda akan mendapatkan SMS dari SiCepat yang berisi nomor resi dan status pengiriman. Cek pemesanan di sini.

Catatan: Bagi Anda yang positif Covid-19 tetapi belum menebus e-resep dalam 6 jam, Kemenkes RI akan mengirimkan pesan broadcast ulang. Untuk mendapatkan layanan Konsultasi Online dan Obat Gratis, mohon jawab YA pada pesan tersebut. Nantinya Anda akan dijadwalkan untuk konsultasi dengan dokter.

Cara Konsultasi Dokter Online Gratis di LinkSehat

Di tengah angka kasus Covid-19 yang terus melonjak, LinkSehat berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menyediakan layanan konsultasi Covid-19 gratis. Terutama untuk Anda yang khawatir terinfeksi Covid-19 atau sedang menjalani isolasi mandiri.

Konsultasi GRATIS Covid-19 & Isolasi Mandiri tersedia di aplikasi LinkSehat Senin sampai Sabtu pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Berikut panduannya:

1. Klik Download Sekarang
2. Buat akun dan sign in
3. Masuk ke menu "Konsultasi Sekarang"
4. Pilih dokter yang tersedia untuk konsultasi online
5. Mulai konsultasi (durasi maksimal 30 menit)

Download Aplikasi Dokter Online LinkSehat sekarang di Play Store. Untuk pendaftaran swab antigen dan PCR, Anda dapat menghubungi WhatsApp 0858 9000 8500. Tersedia layanan Home Care dan paket perusahaan. Daftar Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Panduan Isolasi Mandiri di Rumah Jika Positif COVID-19

Ikuti panduan isolasi mandiri di rumah di bawah ini jika Anda terkonfirmasi positif COVID-19.

Ini Perbedaan dan Efektivitas Rapid Test, Swab Antigen dan PCR

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Rapid Test, Swab Antigen dan PCR beserta dengan perbedaan Baca Selengkapnya...

Mengenal Jenis Vaksin COVID-19 dan Efek Samping serta Efektivitasnya

Saat ini vaksin COVID-19 seperti Sinovac dan AstraZeneca sudah mulai diberikan kepada masyarakat Baca Selengkapnya...

Panduan Lengkap COVID-19: Pencegahan, Isolasi Mandiri hingga Pemulihan

Berikut panduan Covid-19 lengkap mulai dari pencegahan hingga pemulihannya untuk Anda ketahui.